Jumat, 12 Juli 2013

bahasa pemrograman

Macam-Macam Bahasa Pemrograman untuk Halaman Web

Sobat IT, berbeda dengan dokumen pada umumnya (misalnya dokumen Microsoft Word), sebuah halaman web dirancang dengan kode-kode khusus yang disebut bahasa pemrograman. Jika sebuah dokumen Microsoft Word biasanya hanya berisi tulisan dan gambar, sebuah halaman web biasanya memuat konten yang lebih kompleks lagi, misalnya animasi, video, audio, forum, iklan/banner, dan lain-lain. Tentu saja teknik pembuatan halaman web akan berbeda dengan teknik pembuatan dokumen lainnya. Jika dalam membuat dokumen Microsoft Word kita tinggal klik sana-sini untuk mengatur tampilannya, pada pembuatan halaman web kita akan dihadapkan dengan bahasa pemrograman untuk menciptakan sebuah halaman web yang menarik. Semakin kompleks bahasa pemrograman yang digunakan, maka akan semakin banyak variasi yang dapat kita ciptakan dari sebuah halaman web. Konsekuensinya, ukuran file halaman web pun akan semakin besar dan loading halaman web akan lebih lambat jika kita menggunakan koneksi internet yang kurang baik.

Bahasa pemrograman untuk membuat sebuah halaman web tentu saja berbeda dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah program. Kali ini penulis akan menyajikan bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan orang dalam membuat sebuah halaman web.

1. HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML merupakan bahasa pemrograman paling dasar dalam merancang sebuah halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berisi kode-kode atau tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2. PHP

Jangan salah sangka, yang dimaksud PHP di sini bukan “pemberi harapan palsu” seperti istilah yang banyak digunakan para remaja belakangan ini. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari sebuah web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux, tetapi PHP juga bisa dijalankan dengan operating system Windows. Itulah sebabnya mengapa PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat halaman web, karena kompatibilitasnya terhadap banyak operating system.

3. ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft yang bekerja menggunakan IIS (Internet Information Server). ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Oleh karena itu, umumnya ASP hanya bisa berjalan di operating system Windows. Namun, saat ini ASP sudah dapat dijalankan pada platform Linux, asalkan  ada Apache ASP-program yang terinstal pada server.

4. XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serba guna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

5. XHTML

XHTML adalah singkatan dari Extensible HyperText Markup Language. XHTML merupakan versi HTML yang lebih disiplin, ketat dan stabil. XHTML adalah kombinasi antara HTML dan XML. XML diciptakan untuk menjelaskan data, sedangkan HTML diciptakan untuk menampilkan data. Bisa dikatakan bahwa XHTML adalah generasi baru HTML. Salah satu keunggulan yang dimiliki XHTML adalah dapat digunakan pada perangkat non komputer, misalnya ponsel. Oleh karena itu, format halaman web versi mobile (misalnya blog yang disediakan oleh mywapblog.com) biasanya menggunakan format file XHTML.

6. JavaScript

JavaScript adalah kumpulan script yang berjalan pada suatu dokumen HTML. JavaScript memberikan kemampuan tambahan terhadap HTML dengan mengizinkan pengeksekusian
perintah-perintah di sisi user (client). JavaScript dikembangkan oleh Netscape yang bekerjasama dengan Sun Microsystem (pengembang bahasa pemrograman Java). Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript, kita membutuhkan JavaScript-enabled browser, yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

7. CSS

Cascading Style Sheet (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

http://itcfb.com/macam-macam-bahasa-pemrograman-untuk-halaman-web/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar